Sidang pertama dan kedua, Latar Belakang, Tujuan BPUPKI


BPUPKI sebenarnya merupakan kependekan dari Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia Atau dalam bahasa Jepang DJC ( Dekoritsu Junbi Cosakai ). BPUPKI dibentuk pada tanggal 29 April 1945.



Latar Belakang

Latar Belakang terbentuknya BPUPKI  sebenarnya merupakan hadiah dari pemerintahan Jepang. Mengapa Pemerintahang Jepang "baik" sekali ?? Karena pada waktu itu nafas jepang di Indonesia hampir habis alias sudah sangat terancam, karena kekalahan Jepang di Asia Pasifik hanya tinggal menunggu waktu. 

Namun sebenarnya Jepang tidak baik namun hanya memintangkan diri sendiri yaitu agar :
  1. Jepang ingin agar sisa kekuatanya tidak habis
  2. Untuk keperluan politik kolonialnya.
Adapun Latar belakang BPUPKI tercantum dalam Maklumat Gunseikan nomor 23 tanggal 29 Mei 1945.


Anggota BPUPKI

BPUPKI beranggotakan 63 orang yang diketuai oleh Radjiman Wedyodiningrat dengan wakil ketua Hibangase Yosio (orang Jepang) dan R.P. Soeroso.


Tujuan Dibentuknya BPUPKI

Tujuan dibentuknya bPUPKI ialah untuk mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan tata pemerintahan (Politik, Ekonomi, dll.) yang diperlukan dalam pembentukan Negara Indonesia Kelak.


Sidang BPUPKI 1 (29 Mei - 1 Juni 1945 )

Sidang pertama BPUPKI membahas masalah berkenaan dasar negara Indonesia. Dalam sidang ini terdapat tiga usulan yaitu S.B.B :

1. Usulan Muhammad Yamin ( 29 Mei 1945 )

  1. Peri Kebangsaan 
  2. Peri Kemanusiaan
  3. Peri Ketuhanan
  4. Peri Kerakyatan
  5. Peri Kesejahteraan Rakyat
Usulan tersebut kemudian disampaikan secara tertulis S.B.B :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kebangsaan Persatuan Indonesia
  3. Rasa Kemanusiaan Yang adil dan beradab
  4. Kerakyatan yang dipimpin hikmat kebijaksanaan alam permusyawratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
2. Usulan Dr. Soepomo ( 31 Mei 1945 )

  1. Persatuan
  2. Kekeluagaan
  3. Keseimbangan Lahir dan Batin
  4. Musyawarah
  5. Keadilan Rakyat
3. Usulan Ir. Sowkarno ( 1 Juni 1945 )

  1. Kebangsaan Indonesia
  2. Internasionalisme dan Peri Kemanusiaan
  3. Mufakat / Demokrasi
  4. Kesejahteraan Sosial
  5. Ketuhanan Yang Maha Esa
Atas Usul Ahli Bahasa, Usulan Soekarno dinamakan pancasila. Maka daripada itu hari Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni 1945.

Karena sidang 1 belum menghasilkan maka dibentuk panitia 9, Panitia 9 bertugas untuk membahas usul dan konsep para anggota mengenai dasar negara Indonesia. yang beranggotakan :

  1. K.H. Wachid Hasyim
  2. Kahar Muzakir
  3. Mr. A.A. Maramis
  4. Abikoesno Tjokrosoejoso
  5. H. Agoes Salim
  6. Mr. Ahmad Soebarjo
  7. Mr. Moh. Yamin
  8. Ir. Soekarno
  9. Drs. Moh. Hatta
Panitia 9 ini menghasilkan yang namanya Piagam Jakarta (Jakarta Charter) yang isinya :

  1. Ketuhanan degan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluknya
  2. Menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipmpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan Perwakilan
  5. Keadilan Sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia


Sidang BPUPKI kedua (10 - 16 Juli 1945 )

Sidang kedua BPUPKI membahas rancangan UUD. Dalam sidang ini menghasilkan hal hal S.B.B :

  1. Pernyataan Indonesia Merdeka
  2. Pembukaan Undang Undang Dasar
  3. Batang Tubuh Undang Undang Dasar
Previous
Next Post »

17 komentar

Click here for komentar
Anonymous
admin
September 26, 2013 at 11:21 PM ×

kurang lengkap penjelasannya...

Reply
avatar
Suriyani
admin
October 15, 2013 at 12:56 AM ×

Saya tidak mengerti ,,,,,

Reply
avatar
fiz_bomber
admin
November 6, 2013 at 6:40 PM ×

thanks

Reply
avatar
November 7, 2013 at 5:12 AM ×

kamu yang pekok bro. tinggal baca aja kok bacot

Reply
avatar
November 28, 2013 at 2:13 AM ×

Terima kasih atas tulisannya.

Reply
avatar
habib cool
admin
January 17, 2014 at 3:04 AM ×

Yang sidang kedua BPUPKI terlalu sedikit.

Reply
avatar
Anonymous
admin
January 29, 2014 at 4:51 AM ×

dalam sidang pertama BPUPKI tanggal 29 Mei 1945 yang mengusulkan adalah Mr. Moh. Yamin bukan Ahmad Yani. Ahmad Yani adalah pahlawan yang meninggal di lubang buaya oleh G30S PKI.terima kasih

Reply
avatar
January 30, 2014 at 6:59 PM ×

@anonim : Oh ya bro... udah tak ganti tuh bro...

Reply
avatar
Anonymous
admin
July 15, 2014 at 12:53 AM ×

bpupki bikin pintar yayayaya

Reply
avatar
Anonymous
admin
July 15, 2014 at 1:01 AM ×

buku ini memberi ilmu yang sangat berguna tau gak sik bacot kali sih yyy

Reply
avatar
Anonymous
admin
July 15, 2014 at 1:05 AM ×

caba lihat kamu pernah sekolah sih kok gak tau palajaran tentang pkn sih men

Reply
avatar
Anonymous
admin
July 15, 2014 at 1:07 AM ×

yayauyayayayayayayayayayayayayayayayayayaya6ayayayay akakakakakakakakakakakakakakaku suka bangat pelajaran pkn haahahahahahahahahahahahahnahahahahahah

Reply
avatar
Anonymous
admin
August 8, 2014 at 2:22 AM ×

ente kan katanya dan katanya bin konon lagi, so jangan bikin sejarah tambah jauh beloknya

Reply
avatar
November 4, 2014 at 10:35 PM ×

Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online, Kursus Jarak Jauh, Kursus Programming, Kursus Desain Grafis

Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran, Guru Datang Ke Rumah, Guru Private

Reply
avatar
close