Bentuk Bentuk Penyimpangan Sosial

Bentuk Bentuk Penyimpangan Sosial ~ Pernahkah sobat melihat suatu hal yang menyimpang dari kebiasaan ?? Pasti pernah !! tapi sobat dah tahu lom apa makna sebenarnya dari penyimpangan sosial ?? Dan apa bentuk bentuknya ?? kalau lom tahu simak deh artikel berikut ini !!


Pengertian Penyimpangan Sosial :

Apa itu Penyimpangan Sosial ?? sebelum kita mengetahui apa itu penyimpangan sosial, maka sobat harus tahu dulu contohnya : Misal Pencurian, Menyontek, Perjudian, dll.

Nah... setelah sobat tahu contohnya maka baru  kita bahas pengertianya. Penyimpangan Sosial merupakan penyimpangan yang dilakukan baik individu maupun kelompok yang dimana perilaku tersebut tidak sesuai dengan norma yang berlaku.

Para Ahli Menjawab :

Paul B. Horton  
"Setiap perilaku yang dinyatakan sebagai pelanggaran terhadap norma-norma kelompok atau masyarakat" 

Lewis Coser 
 "Perilaku menyimpang merupakan salah satu cara untuk menyesuaikan kebudayaan dengan perubahan sosial."
 
Robert M.Z. Lawang 
"Semua tindakan yang menyimpang dari norma yang berlaku dalam sistem sosial dan menimbulkan usaha dari mereka yang berwenang dalam sistem itu untuk memperbaiki perilaku yang menyimpang itu."

Bentuk Bentuk Penyimpangan Sosial
 
A. Berdasarkan Kadar Peyimpangan :

1. Primer
Penyimpangan yang dilakukan sementara, tidak terus menerus dan masih dianggap ringan dikalangan masyarakat. 

Contohnya : Terlambat, Mencontek, Mencoret-coret Tembok Sekolah

2. Sekunder
Penyimpangan yang sudah bisa digolongkan termasuk kriminal. Penyimpangan ini sangat meresahkan orang lain. Umumnya penyimpangan ini dilakukan berulang-ulang.

Contohnya : Pembunuhan, Perampokan

B. Berdasarkan Sifatnya

1. Penyimpangan Positif
Mungkin banyak sobat bertanya-tanya, mana ada penyimpangan Positif ?? Right ?? Tapi ada kok... coba sobat perhatikan wanita karier yang bekerja sebagai supir, pemain bola, Manager dll ! Umumnya kan Pria yang bekerja namun ini wanita. Bukankah termasuk penyimpangan ??

2. Penyimpangan Negatif
Dah banyak yang tahu .. :) Contohnya sudah jelas seperti : Pencurian, Pembunuhan, Korupsi, D.l.l

C. Berdasarkan Pelakunya

1. Individu

Namanya juga individu, pastinya yang melakukan hanya sebatang kara tanpa campur tangan pihak asing. Biasanya pelakunya mendapat julukan jelek seperti : Pembandel, Perusuh, Pengkhianat, Pembangkang.

Contoh dari Penyimpangan individu antara lain : Suami Istri yang selingkuh, ANak yang durhaka, Pencurian yang dilakukan sendiri

2. Kelompok

Penyimpangan yang dilakukan ber-jama'ah dan kerja sama melakukan tindakan yang melanggar norma. Penyimpangan ini sulit dibasmi. Karena setiap anggota kelompok memiliki rasa sehidup semati dengan sesama anggota kelompok. Mereka rela mati demi memperjuangkan hak hak kelompoknya.

Contohnya : Pesta Narkoba, Pencurian, Tawuran yang dilakukan secara Bersama sama

3. Campuran

Kok namanya campuran ?? (kayak es campur aja. ) Penyimpangan seperti itu dilakukan oleh suatu golongan sosial yang memiliki organisasi yang rapi, sehingga individu ataupun kelompok didalamnya taat dan tunduk kepada norma golongan dan mengabaikan norma masyarakat yang berlaku. 
 
Contohnya : remaja yang putus sekolah dan pengangguran yang frustasi dari kehidupan masyarakat, dengan di bawah pimpinan seorang tokoh mereka mengelompok ke dalam organisasi rahasia yang menyimpang dari norma umum (geng).
 
sumber 


Pembaca yang Bijak ialah Pembaca yang Meninggalkan Komentar

Di Posting Oleh : Hanif Adzkiya ~ http://hanifadzkiy.blogspot.com/

Artikel Bentuk Bentuk Penyimpangan Sosial ini diposting oleh Hanif Adzkiya pada hari Senin, 03 Juni 2013. Terimakasih atas kunjungan Sobat serta kesediaan Sobat membaca artikel ini, Kritik dan saran dapat Sobat sampaikan melalui kotak komentar. dan segala isi dalam blog ini bisa agan copy dengan mencantumkan sumber Semoga Artikel Bentuk Bentuk Penyimpangan Sosial Bermanfaat .. ^_^

Klik Untuk Memasang Widget Ini!

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Archives

text/javascript'>