Tugas Presiden, DPR, MPR, MA, MK, BPK, DPD

1. Tugas Presiden :

  • Memberi grasi dan rehabilitasi atas pertimbangan MA
  • Menetapkan peraturan pemerintah
  • Memberikan amnesti dan abolisi atas pertimbangan DPR
  • Memegang kekuasaan pemerintah menurut UUD
  • Memegang kekuasaan tertinggi atas angkatan laut, darat, dan udara
  • Mengangkat dan memberhentikan menteri
  • Mengangkat duta dan konsul atas pertimbangan DPR
  • Mengangkat dan memberhentikan KY dengan persetujuan DPR
  • Memberi gelar, tanda jasa, dan tanda penghargaan lainya
  • Menyatakan keadaan bahaya
2. Tugas DPR

  • Menetapkan APBN bersama presiden
  • Memberikan persetujuan kepada presiden atas pengangkatan KY
  • Memilih anggota BPK
  • Memilih 3 calon hakim konsitusi
  • Menyerap, menghimpun, dan minindaklajuti aspirasi rakyat
  • Memberikan pertimbangan kepada presiden atas amnesti dan abolisi
  • Memberikan pertimbangan kepada presiden dalam pengangkatan duta
  • Melaksanakan pengawasan dalam pelakasanaan UU, APBN serta kebijakan pemerintah
3. Tugas MPR

  • Mengubah dan menetapkan UUD
  • Melantik presiden dan wakil presiden
  • Melantik Wakil presiden menjadi presiden apabila presiden berhenti
  • Memilih dan melantik wakil presiden dari 2 calon yang diajukan presiden apabila wakil presiden berhenti
  • Memilih dan melantik wakil presiden dan presiden apabila keduanya berhenti.
 4. Tugas DPD

  • Mengajukan UU yang berkaitan dengan daerah
  • Memberi pertimbangan RAPBN
  • Ikut merancang UUD
  • Menerima hasil pemeriksaan keuangan negara dari BPK untuk dijadikan bahan membuat pertimbangan bagi DPR tentang RUU yang berkaitan dengan APBN.
  • Melakukan pengawasan atas undang undang yang berkaitan dengan otonomi daerah
5. Tugas MA

  • Kewenangan pengadilan pada tingkat kasasi
  • Mengajukan 3 orang anggota hakim konsitusi
  • Memberkian pertimbangan grasi dan rehabilitasi kepada presiden
6. Tugas MK

  • Memutuskan pembubaran partai
  • Memutuskan perselisihan hasil pemilu
  • Mengadili pada tingkat [pertama untuk menguji UU terhadap UUD
7. Tugas BPK

  • Memilihara transparasi keuangan
  • Memeriksa dimana uang negara disimpan
  • Memeriksa pengguanaan APBN 
8. Tugas KY

  • Mengusulkan pengangkatan hakim agung dan hakim ad hoc di Mahkamah Agung kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan
  • Menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim
  • Menetapkan Kode Etik dan/atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) bersama-sama dengan Mahkamah Agung
  • Menjaga dan menegakkan pelaksanaan Kode Etik dan/atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH)
9. Tugas BPD

  • Mengayomi, yaitu menjaga kelestarian adat-istiadat yang hidup dan berkembang di desa yang bersangkutan sepanjang menunjang kelangsungan pembangunan.
  • Memegang aspirasi yang diterima dan masyarakat dan menyalurkan kepada pejabat atau instansi yang berwenang.
  • Bersama-sama pemerintah desa membentuk peraturan desa.
  • Memberikan pendapat dan pertimbangan kepada pemerintah desa terhadap rencana perjanjian antar desa dengan pihak ketiga dan pembentukan Badan Usaha Milik Desa.

10. Tugas DPRD

  • Membentuk peraturan daerah kabupaten bersama Kepala Daerah
  • Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten
  • Memilih wakil Kepala Daerah dalam hal terjadi kekosongan jabatan wakil Kepala Daerah; (catatan bagian hukum)
  • Memberikan pendapat dan pertimbangan kepada pemerintah daerah kabupaten terhadap rencana perjanjian internasional di daerah
  • Mengupayakan terlaksananya kewajiban daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
Previous
Next Post »

51 komentar

Click here for komentar
Anonymous
admin
April 19, 2013 at 7:29 AM ×

thanks ea

Reply
avatar
Anonymous
admin
May 5, 2013 at 1:47 AM ×

min tambahin dprd kab&provinsi, bpd ,ky

Reply
avatar
May 5, 2013 at 2:09 AM ×

Sudah gan... Met Membaca...

Reply
avatar
diva
admin
May 12, 2013 at 5:21 AM ×

Artikelnya sangat membantu,thanks =)

Reply
avatar
iqbal
admin
May 14, 2013 at 5:44 AM ×

nice article.. thanks admin ^_^

Reply
avatar
May 15, 2013 at 6:52 AM ×

tambahin mk nya dong :(

Reply
avatar
Anonymous
admin
May 27, 2013 at 7:09 AM ×

bagus sangat membantu thanks =))

Reply
avatar
Anonymous
admin
June 10, 2013 at 10:17 PM ×

bagus ki, aku hanif shidqi nih hahaha, thanks

Reply
avatar
July 18, 2013 at 10:38 AM ×

thanks yah min , infonya membantu banget :*

Reply
avatar
Kum Poter
admin
August 10, 2013 at 10:19 PM ×

mantep tuh tugas presiden :D

Reply
avatar
debi
admin
August 16, 2013 at 3:35 AM ×

makasih admin info nya,
jgn lupa kunjungi web ane http://programkerjaonline93.weebly.com/

Reply
avatar
Anonymous
admin
September 19, 2013 at 5:08 AM ×

Bermanfaat sekali min :D

Reply
avatar
Anonymous
admin
September 24, 2013 at 7:03 PM ×

wow..........
mantap dan bermanfaat...........
thanks ya yg membuat ini..................

Reply
avatar
Anonymous
admin
October 8, 2013 at 8:55 PM ×

cukup bagus...tapi ga ada contoh konkritnya... sbenernya yang seperti apa sih tugas para lembaga negara di atas???? sama ga tugas presiden dengan ketua organisasi dalam sekup yang kecil??? sama ga tugasnya DPR dengan majelis syuro' dalam organisasi????

Reply
avatar
Anonymous
admin
October 20, 2013 at 11:17 PM ×

menambah pengetahuan

Reply
avatar
amanillah
admin
October 21, 2013 at 8:50 PM ×

tugas kpu, ky,?

Reply
avatar
Anonymous
admin
October 25, 2013 at 9:04 PM ×

tugas wakil presiden ?

Reply
avatar
CatatanLaras
admin
November 2, 2013 at 6:23 AM ×

mantaaab...
tapi energy saving modenya ganggu orang lagi baca :P

Reply
avatar
Anonymous
admin
November 2, 2013 at 7:21 AM ×

good..... sangat bermanfaat

Reply
avatar
Anonymous
admin
November 7, 2013 at 5:40 AM ×

Makasih ya infonya !


-Pangudi Luhur-

Reply
avatar
Anonymous
admin
November 13, 2013 at 5:34 PM ×

yuHuuu :)

Reply
avatar
My blog
admin
November 25, 2013 at 4:42 AM ×

Terima kasih ya udh bantu gw ngerjain soal

Reply
avatar
rosiana ochi
admin
November 28, 2013 at 3:43 AM ×

bukan tugas presiden dpr dll doang yang banyak tapi tugas gw juga banyak banget -_-

Reply
avatar
krisna
admin
November 30, 2013 at 5:05 PM ×

terimakasih atas rangkumanya .

Reply
avatar
Anonymous
admin
January 8, 2014 at 2:44 AM ×

bagus sedikit

Reply
avatar
Anonymous
admin
February 19, 2014 at 5:31 AM ×

makasih aku bisa nyontek mengerjakan pr wkwkwk

Reply
avatar
Anonymous
admin
February 23, 2014 at 11:58 PM ×

THANKS ya, ini sangat membantu GUE

Reply
avatar
Anonymous
admin
February 26, 2014 at 2:53 AM ×

Ijin Copas Gan

Reply
avatar
chris
admin
March 9, 2014 at 11:16 PM ×

Dewan Perwakilan Rakyat harusnya ganti nama aja yah :D
namanya aja wakil rakyat, tapi hampir semua keputusan mereka justru bertolak belakang dengan aspirasi masyarakat umum... :D

Reply
avatar
Nova Delvia
admin
April 9, 2014 at 5:30 AM ×

terima kasih ya, ini membantu sekali :)

Reply
avatar
Anonymous
admin
April 9, 2014 at 10:42 AM ×

Terimakasih kepada yang mengaplot diskriptif ini, dan berbagi ilmu pengetahuan termasuk mencerdaskan bangsa semoga bermanfaat

Reply
avatar
Anonymous
admin
April 9, 2014 at 10:45 AM ×

ZAINURI TELAH MEMBACA ARTIKEL DI ATAS, KARENA SUKA MEMBACA TUGAS-TUGAS LEMBAGA NEGARA, BIAR TIDAK JADI ORANG YANG ANTAGONIS

Reply
avatar
May 14, 2014 at 3:52 AM ×

Makasih infonya, sangat membantu (y) :D

Reply
avatar
Anonymous
admin
May 21, 2014 at 4:20 AM ×

Makasih ya infonya!
tapi masih ada yang kurang wakil presiden sama mentrinya mana?

Reply
avatar
June 6, 2014 at 2:20 AM ×

sangat membantu. terima kasih.

Reply
avatar
doni
admin
July 2, 2014 at 12:03 AM ×

Sangat membantu thk:)

Reply
avatar
Anonymous
admin
September 15, 2014 at 6:43 AM ×

Thanks ya sangat membantu.....

Reply
avatar
pkn
admin
September 29, 2014 at 7:17 AM ×

Mantab gan.....

Reply
avatar
pkn lovers
admin
October 20, 2014 at 4:39 AM ×

mkasih gan, dari tadi nyari... akhirnya ketemu juga. sekali lagi makasih :-)

Reply
avatar
Anonymous
admin
October 21, 2014 at 5:54 AM ×

trims ya sangat membantu pr saya

Reply
avatar
Anonymous
admin
November 5, 2014 at 1:50 AM ×

ada semacam bagan atau gambarnya gak, yang diberi keterangan biar lebih mudah dimengerti?

Reply
avatar
Anonymous
admin
November 6, 2014 at 8:03 AM ×

DPR bukan wakil rakyat, tapi penindas rakyat

Reply
avatar
nanda
admin
November 8, 2014 at 5:14 AM ×

tugas wakil presiden

Reply
avatar
orif
admin
November 22, 2014 at 5:27 PM ×

mentri mentri melantik apa

Reply
avatar
Jiyuu Tokuga
admin
January 11, 2015 at 8:47 PM ×

Thanks buat tugas tugasnya

Reply
avatar
Anonymous
admin
February 15, 2015 at 11:21 PM ×

Blaem blaem cuakep buanget

Reply
avatar
August 9, 2016 at 10:36 PM ×

Mantaf gan artikel tugas presiden, tugas dpr, tugas dpd, lengkap banget gan sangat bermanfaat...

Reply
avatar
August 9, 2016 at 10:39 PM ×

Mantaf gan artikel tugas dpr ini sangat membantu...

Reply
avatar
tugas dpr
admin
August 9, 2016 at 10:40 PM ×

Mantaf gan sangat bermanfaat....

Reply
avatar